Rumus kuartil data kelompok, pahami pengertian, perbedaan dan contoh soal

Brilio.net - Kamu punya banyak data yang harus dianalisa tapi bingung bagaimana cara menganalisanya? Nggak perlu risau sebab suatu data bisa dianalisa menggunakan berbagai rumus, salah satunya rumus kuartil data kelompok. Sebelum lebih jauh memahami apa itu rumus kuartil data kelompok, kamu perlu memahami apa itu data. Data adalah keterangan yang diperoleh dari pengamatan, pengukuran, atau penghitungan. Sebuah data bisa berupa angka, huruf, gambar, atau simbol.

Untuk mengelola data memang tidak mudah tetapi bisa dipelajari kok, bagaimana caranya? Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mencari sebaran data adalah dengan menggunakan rumus kuartil data kelompok. Kuartil data kelompok adalah nilai-nilai yang membagi data yang belum dikelompokkan dalam kelas interval menjadi empat bagian yang sama besar.

Perhitungan rumus kuartil data kelompok tidak terlalu sulit kok, kamu hanya perlu menyimak ulasan dalam artikel ini. Tanpa menunggu lama lagi, yuk simak rumus kuartil data kelompok, pahami pengertian, perbedaan dan contoh soal, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/11)

Pengertian kuartil data kelompok.

 

rumus kuartil data kelompok
freepik.com

Kuartil dalam statistik adalah nilai-nilai yang membagi data ke dalam empat bagian yang sama besar. Terdapat tiga kuartil utama yang didefinisikan sebagai Q1, Q2 (median), dan Q3, yaitu:

1. Kuartil Pertama (Q1)

Diketahui kuartil pertama merupakan nilai yang membagi 25% data terendah. Jika data diurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar, Q1 adalah nilai yang terletak pada peringkat ke-25% dari bawah.

2. Kuartil Kedua (Q2 atau Median)

Pada kuartil kedua (Q2) menjadi nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama besar. Jika data diurutkan, Q2 adalah nilai yang berada di tengah-tengah.

3. Kuartil Ketiga (Q3)

Sementara pada kuartil tiga yakni sebuah nilai yang membagi 75% data terendah. Q3 adalah nilai yang terletak pada peringkat ke-75% dari bawah jika data diurutkan.

Berdasarkan ulasan tersebut, dapat dilihat bahwa kuartil sangat berguna untuk memberikan gambaran tentang sebaran data dan membantu dalam mengidentifikasi pola atau asimetri dalam distribusi data. Dengan kata lain, kuartil data kelompok merupakan rumus yang dimanfaatkan untuk menghitung sebaran data yang terdapat dalam suatu populasi.

Selanjutnya apabila kita berbicara tentang data kelompok, berarti data yang sudah dikelompokkan ke dalam interval atau kelas. Dimana pada proses penghitungan rumus kuartil data kelompok melibatkan interpolasi atau berdasarkan pola-pola data Q1, Q2, dan Q3. Untuk menghitung Q1, Q2, dan Q3 pada data kelompok dapat menggunakan rumus-rumus khusus yang memperhitungkan lebar kelas dan frekuensi relatif kelas.