Tanpa toner eksfoliasi, ini cara hilangkan jerawat membandel di wajah pakai masker dari 1 jenis buah

Brilio.net - Jerawat membandel merupakan salah satu masalah kulit wajah yang dihindari oleh sejumlah orang. Pasalnya jerawat membandel bertahan cukup lama dan sulit untuk dihilangkan. Kondisi ini terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati.

Ketika kelenjar minyak (sebaceous gland) pada kulit memproduksi sebum berlebih, maka dapat menyumbat folikel rambut. Sehingga menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri propionibacterium acnes untuk berkembang. Ini bisa memicu respon peradangan oleh sistem kekebalan tubuh. Proses inilah yang nantinya menghasilkan kulit kemerahan atau iritasi, beserta pembengkakan, dan pada akhirnya terbentuk jerawat.

Agar jerawat hilang dan tidak mudah muncul kembali, kamu perlu melakukan perawatan kulit secara rutin. Mulailah dengan membersihkan wajah secara teratur, menggunakan face wash sesuai jenis kulit dan kandungan yang dibutuhkan.

Selain pembersih wajah, biasanya toner eksfoliasi juga dibutuhkan dalam perawatan kulit berjerawat. Pasalnya, toner ini mampu mengangkat berbagai kotoran yang menyumbat. Namun kini tak perlu gunakan toner eksfoliasi, sebagai solusinya kamu bisa membersihkan wajah dengan bahan alami.