Auto 10 tahun lebih muda, ini trik bikin kulit kencang bebas kerutan pakai 1 jenis sayuran

Brilio.net - Bertambahnya umur, maka proses penuaan pun terjadi. Fase penuaan ini tidak hanya dapat membuat tenaga berkurang, namun juga mengakibatkan perubahan fisikal pada tubuh seseorang. Pada area wajah, proses penuaan terlihat dengan kondisi kulit yang awalnya kencang menjadi kendur, sehingga memunculkan kerutan berupa garis-garis halus dan keriput.

Timbulnya tanda penuaan berupa kerutan, tak terlepas dari faktor produksi kolagen dan elastin di dalam kulit, dua komponen protein yang berfungsi untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Sejalan dengan bertambahnya usia, kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin akan menurun. Akibatnya, kulit pun menjadi sulit mempertahankan kekuatan struktur dan kelembapan alaminya, yang kemudian berdampak pada hilangnya kekencangan kulit dan munculnya kerutan.

Penuaan dapat berlangsung dengan cepat, jika kerap terpapar sinar matahari, polusi udara, serta pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, akibatnya kesehatan kulit menurun termasuk elastisitasnya. Hal-hal ini secara langsung maupun tidak langsung juga merusak sel-sel di dalam kulit, bahkan menghambat proses regenerasi kulit itu sendiri. Akibatnya, munculnya kerutan pada kulit menjadi sulit dihindarkan.

Meski begitu, kamu nggak perlu bingung menghadapi masalah ini. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami yang mudah ditemukan sebagai solusi alternatif menghambat terjadinya problematika di atas. Hal ini sebagaimana diperagakan dalam unggahan akun Instagram @beauty.recipes.diylife, yang dilansir briliobeauty.net pada Rabu (29/11).