Tanpa jintan atau cengkeh, ini cara kembalikan warna asli rambut yang beruban pakai 1 jenis daun

Brilio.net - Secara ilmiah, uban merupakan istilah untuk rambut yang kehilangan pigmen warna atau melanin pada folikelnya. Proses ini terjadi karena semakin umur bertambah, kemampuan rambut memproduksi sel melanosit yang membentuk melanin mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan warna asli rambut perlahan memudar, berganti menjadi putih keabu-abuan.

Dalam banyak penelitian, uban di rambut bisa timbul di umur yang masih muda akibat kebiasaan hidup yang buruk. Merokok misalnya, kandungan nikotin di dalam rokok dapat menghambat regenerasi rambut sekaligus menghancurkan pigmen warna rambut, sehingga mempercepat munculnya uban.

Selain merokok, kondisi pikiran yang sering stres juga dapat membuat uban tumbuh lebih cepat. Hal ini dikarenakan saat seseorang stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang menghambat proses pertumbuhan rambut dan mempengaruhi proses pembentukan pigmen di dalamnya. Akibatnya, orang yang sering stres pun juga akan cepat tumbuh uban.

Walau begitu, kamu nggak usah panik. Soalnya, kamu bisa mengembalikan warna alami rambut dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan campuran daun kari (salam koja) bersama minyak kelapa, seperti yang diperagakan oleh @theglobalistagirl yang dilansir briliobeauty.net pada Rabu, (29/11).

foto: freepik.com