Contoh pengamalan sila ke-3 Pancasila bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari, patut jadi teladan

Brilio.net - Sila ke-3 Pancasila berbunyi "Persatuan Indonesia" mengandung nilai yang berarti bagi bangsa Indonesia. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki berbagai suku, budaya, bahasa, dan keyakinan. Tentu beragam perbedaan ini dapat disatukan dalam bentuk Pancasila yang dijadikan landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pengamalan sila ke-3 Pancasila bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari sangat penting karena dapat membangun karakter yang mencintai dan menghargai perbedaan yang ada. Melalui pengamalan sila ke-3 Pancasila bagi siswa dapat menghargai orang lain. Menghargai setiap perbedaan budaya, agama, bahasa, suku, dan berbagai perbedaan lainnya.

Dengan saling menghargai tersebut akan menciptakan keharmonisan antara masyarakat. Oleh karena itu, penting untuk membangun pengamalan sila ke-3 Pancasila bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari. Berikut dijelaskan Contoh pengamalan sila ke-3 pancasila bagi siswa dalam kehidupan sehari-hari beserta manfaatnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/6).