Cara merebus telur agar matang sempurna, mulus, dan kuningnya tak berubah jadi hitam

Brilio.net - Menu olahan telur kerap diandalkan untuk lauk harian. Cara masak telur juga bermacam-macam, mulai dari dijadikan telur dadar, ceplok, orak-arik, tim telur, sampai paling simpel direbus. Ngomong-ngomong soal telur rebus, lauk satu ini pun nggak melulu bisa disantap langsung begitu saja, lho. Melainkan bisa juga ditumis lagi pakai aneka bumbu.

Mengonsumsi telur rebus juga dipercaya baik untuk kesehatan. Dilansir dari webmd.com, telur rebus bisa bantu upaya penurunan berat badan, menguatkan tulang, menurunkan kolesterol jahat, dan masih banyak lagi. Telur rebus juga dikenal bisa bikin perut kenyang lebih lama dan meningkatkan energi buat beraktivitas. Nggak heran banyak yang senang makan telur rebus buat sarapan.

Telur rebus bisa dibuat setengah matang ataupun matang sempurna. Tapi, tampaknya telur yang matang sempurna lebih banyak disukai. Nah, biasanya, kerap muncul warna kehitaman atau keabu-abuan pada kuning telur usai direbus hingga matang, kan? Dilansir dari oureverydaylife.com, hal ini dikarenakan telur dimasak terlalu lama atau menggunakan suhu yang terlalu tinggi.

Meski tak kuning sempurna, telur rebus yang kuningnya berubah warna ini disebut tetap aman untuk dikonsumsi. Tetapi, bagi sejumlah orang, ada yang lebih senang dengan telur rebus matang yang warna kuningnya sempurna. Sama seperti warganet bernama Nicole nih, lewat sebuah unggahan di TikTok pribadinya @moresaltplease, ia punya trik andalan buat masak telur rebus supaya kuningnya tak menghitam.

"Perfect hard boiled eggs every time. No grey ring! (Selalu sempurna bikin telur rebus matang. Tidak ada cincin abu-abu!)," cetusnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @moresaltplease pada Rabu (7/6).