Atasi hiperpigmentasi dan flek, ini trik bikin masker wajah dari 3 bahan dapur

Brilio.net - Hiperpigmentasi merupakan kondisi di mana kulit mengalami peningkatan produksi melanin, pigmen alami yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata. Melanin ini menghasilkan area kulit yang lebih gelap atau bercak yang lebih gelap dibandingkan dengan warna kulit normal di sekitarnya. Hiperpigmentasi dapat terjadi pada berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, tangan, lengan, atau area lain yang terpapar sinar matahari atau iritasi.

Hiperpigmentasi memiliki beberapa jenis dan macam. Ada hiperpigmengtasi yang muncul akibat cedera pada kulit seperti bekas jerawat atau luka. Lalu ada melasma yang umum terjadi pada wanita hamil. Selanjutnya ada lentigo, yang merupakan bercak kecil, datar, dan berpigmen yang seringkali muncul akibat paparan sinar matahari berlebihan selama bertahun-tahun. Dan terakhir adalah, freckles seperti flek pada wajah yang muncukl akibat paparan sinar matahari.

Hiperpigmentasi sendiri merupakan kondisi yang tidak berbahaya secara medis. Tetapi bisa menjadi masalah estetika yang mengganggu bagi beberapa orang. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi dan memperparah timbulnya hiperpigmentasi. Seperti paparan sinar matahari berlebih, peradangan, perubahan hormon, faktor genetik, dan penggunaan obat-obatan tertentu.