Nggak perlu beli, begini cara atasi pigmentasi hanya pakai krim dari 1 jenis bunga

Brilio.net - Permasalahan kulit tidak hanya berhubungan dengan jerawat dan kulit kering saja. Masalah kulit lainnya seperti pigmentasi (warna kulit tidak merata) menjadi permasalahan utama bagi sejumlah orang. Pigmentasi merupakan proses di mana warna terbentuk atau diproduksi pada kulit manusia.

Pigmen adalah zat kimia yang memberikan warna pada organisme, dan dalam konteks kulit manusia, pigmentasi berkaitan dengan produksi dan distribusi pigmen melanin. Sementara itu, produksi melanin ini dipengaruhi oleh melanosit, sel khusus yang terdapat di lapisan epidermis kulit manusia.

Terdapat dua jenis melanin utama yang diproduksi oleh melanosit, yaitu eumelanin (berwarna cokelat gelap atau hitam) dan pheomelanin (berwarna kuning atau merah). Di sisi lain, adanya proses ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keturunan, paparan sinar matahari, hormon, dan peradangan.

Beberapa orang memiliki pigmentasi kulit yang lebih gelap, sedangkan yang lain memiliki pigmentasi kulit lebih terang. Perbedaan ini terjadi karena perbedaan jumlah, ukuran, dan distribusi melanosit, serta perbedaan dalam produksi melanin. Kondisi pigmentasi ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan krim wajah.