Trik menghaluskan rambut ini cuma pakai 2 jenis buah, bantu atasi kusut dan kering

Brilio.net - Rambut yang halus dan bebas kusut memang masih menjadi dambaan bagi kebanyakan orang, khususnya bagi para kaum hawa. Bukan hal mustahil kok untuk mendapatkannya. Memang benar, kamu bisa melakukan perawatan rambut di salon kecantikan. Namun, sebenarnya kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan rambut halus dan lembut, karena ada banyak cara menghaluskan rambut secara alami yang bisa kamu coba di rumah. 

Tak hanya itu saja, bahan-bahan kimia yang digunakan juga tidak selalu cocok dengan rambut kamu. Sebab, tekstur dan jenis rambut dari setiap orang berbeda, pastinya perawatan yang dibutuhkan pun tidak sama antara satu dan lainnya. Salah penggunaan produk tentu akan membuat rambut menjadi rusak. 

Daripada melakukan perawatan rambut di salon dan memakai bahan kimia, kamu bisa membuat rambut lebih halus dan indah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di rumah. Salah satunya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @whitneysnaturals pada 20 Juni 2022 lalu. 

Dalam video tersebut, pemilik akun membagikan trik menghaluskan rambut cuma pakai 2 jenis buah. Buah yang digunakan adalah pisang dan alpukat. Selain itu, pemilik akun juga menambahkan bahan lain, yaitu minyak zaitun, yoghurt, dan madu.

"DIY Yoghurt & Avocado hair mask (Masker rambut yoghurt dan alpukat)," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @whitneysnaturals, Rabu (29/3).

Manfaat pisang untuk rambut berasal dari kandungan silika, yakni suatu jenis mineral yang dapat membuat rambut kamu jadi lebih kuat dan tebal. Tak hanya itu, kandungan antimikroba pada pisang diyakini dapat mengatasi kulit kepala kering dan mengelupas yang menjadi salah satu gejala ketombe. 

Kandungan asam folat pada pisang akan membuat rambut bersinar sekaligus menjaga kulit kepala agar tetap terhidrasi dengan baik. Dengan begini, kamu bisa menggunakan pisang sebagai kondisioner alami. Sehingga rambutmu jadi bebas kusut dan berkilau alami.

foto: freepik.com

Begitupun dengan alpukat yang kaya akan vitamin, asam amino, asam folat, dan magnesium untuk melembapkan rambut. Kandungan minyak alpukat dapat menembus kutikula rambut dan menghaluskan rambut. Minyak zaitun juga bisa membantu menghaluskan rambutmu karena asam oleat dan asam palmitat pada minyak zaitun dipercaya dapat melapisi dan menutrisi lapisan luar rambut, sehingga membuat rambut menjadi lebih lembap, halus, dan mudah diatur.