7 Cara mencegah rambut beruban di usia muda, rutin konsumsi jus wortel

Brilio.net - Setiap orang memiliki kondisi rambut yang berbeda. Entah itu panjang, pendek, lurus, keriting, lebat ataupun tipis. Namun, satu hal yang pasti adalah rambut akan berubah memutih ketika tua. Perubahan rambut menjadi warna putih atau abu-abu ini biasa disebut uban.

Penyebab timbulnya uban adalah berkurangnya produksi melanin pada tubuh seiring bertambahnya usia. Namun, terkadang ada orang yang sudah memiliki uban di usianya yang masih muda. Hal ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, stress atau terlalu sering merokok.

Uban juga dapat muncul di usia muda akibat kurangnya asupan makanan dan vitamin yang bernutrisi. Selain itu terlalu banyak memakai produk rambut dengan bahan kimia juga berisiko menimbulkan uban.

Perlu diperhatikan penggunaan produk rambut yang sesuai seperti sampo, kondisioner dan serum rambut juga mempengaruhi timbulnya uban di usia muda. Oleh karena itu perhatikan bahan baku pembuatan produk perawatan rambut untuk menghindari tumbuhnya uban.

Namun, kamu tidak perlu bingung dan khawatir. Karena briliobeauty.net telah merangkum 7 cara mencegah rambut beruban di usia muda dari berbagai sumber, Minggu (26/3)

1. Berhenti merokok

foto: freepik.com

Kebiasaan merokok dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan organ dalam. Merokok yang berlebihan dapat mengecilkan bahkan merusak folikel rambut. Sehingga nutrisi tubuh tidak mengalir ke struktur rambut dan menyebabkan rambut menjadi beruban di usia muda.

Dengan merokok maka pertumbuhan uban akan 2 kali menjadi lebih cepat dari seharusnya. Oleh karena itu hentikan merokok untuk memiliki kondisi rambut yang sehat.