Cuma butuh 5 bahan dapur, begini trik cerahkan hiperpigmentasi pada area ketiak dan lipatan tubuh

Brilio.net - Warna kulit yang tidak merata dapat mengganggu penampilan. Bahkan, beberapa diantaranya menjadi tidak percaya diri akibat warna kulit yang dimilikinya. Area lipatan umumnya lebih mudah menghitam karena hiperpigmentasi dibandingkan bagian tubuh lainnya. Area lipatan tubuh tersebut seperti, ketiak, siku, tengkuk leher, hingga selangkangan.

Area tersebut menjadi lebih mudah menghitam, dikarenakan keringat dan gesekan akibat aktivitas yang dilakukan sehari-hari. Sehingga menjadi hal yang wajar jika area tersebut menjadi lebih gelap. Perubahan biasanya akan berjalan perlahan. Hal ini disebabkan karena penyakit obesitas dan diabetes yang diderita.

Selain itu, area lipatan kulit yang menghitam juga disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati dan faktor-faktor lain seperti jamur hingga bakteri. Oleh karenanya, bagian-bagian lipatan tersebut membutuhkan perawatan khusus agar warnanya tetap cerah.

Tapi kini tak perlu khawatir, karena kamu bisa mencerahkan area ketiak dan lipatan tubuh yang bisa dilakukan dengan bahan alami. Penggunaan bahan alami dipercaya lebih baik dan lebih lembut untuk kulit, sehingga dapat meminimalisir terjadinya iritasi kulit. Salah satunya seperti yang dibagikan pengguna TikTok dengan nama akun @_sunshinnn pada 11 Februari 2022.

Dalam video tersebut pemilik akun membagikan trik cerahkan hiperpigmentasi pada area ketiak dan lipatan tubuh pakai 5 bahan dapur, yakni gula pasir, kunyit bubuk, madu, lemon, dan minyak kelapa.

"Homemade Dark Spot Lightener, I use it for my underarms & private areas. (Dark Spot Lightener Buatan Rumah, Saya menggunakannya untuk ketiak & area pribadi saya.)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @_sunshinnn, Jumat (24/3).

Manfaat utama dari gula pasir yaitu bisa berperan sebagai scrub yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Penumpukan sel-sel kulit mati tersebut menjadi alasan bagian lipatan tubuh menjadi hitam. Gula juga mampu membantu meremajakan kulit dan membersihkan pori-pori. Ketika kulit mati dan kotoran terangkat, kulit akan tampak bercahaya dan lebih sehat.

Trik cerahkan hiperpigmentasi pada ketiak dan lipatan tubuh pakai 5 bahan dapur
freepik.com

Sementara kunyit bubuk adalah bumbu dapur yang punya banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini karena kunyit mengandung zat kurkumin yang bermanfaat untuk kulit.

Menurut laman Healthline, kurkumin memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan, sehingga juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Kandungan ini bermanfaat untuk mencerahkan kulit, dan mengurangi produksi melanin.

Madu juga dapat digunakan sebagai bahan alami eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang terbentuknya sel kulit baru yang lebih cerah. Sedangkan lemon mengandung asam sitrat guna membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga kulit yang awalnya gelap karena hiperpigmentasi bisa kembali cerah. Begitupun dengan minyak kelapa yang bermanfaat untuk melembapkan kulit sekaligus mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit.

Dari bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut, kamu bisa memanfaatkannya sebagai scrub untuk cerahkan hiperpigmentasi pada area ketiak dan lipatan tubuh. Berikut cara membuatnya.